Bentuk Kepedulian Satgas Yonif 310 Sukabumi Dengan Gelar Posyandu di Perbatasan Papua

0
66
Yonif 310 Sukabumi
Pelaksaan Acara Peresmian Anggota Yonif 310 Sukabumi untuk Kegiatan Kesehatan Masyarakat (Sumber gambar: republika.co.id)

Pendahuluan

Menjamin kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu prioritas pemerintah Indonesia. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama di daerah terpencil seperti perbatasan Papua. Satgas Yonif 310 Sukabumi, yang bertugas di perbatasan Papua, menunjukkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat dengan menggelar Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom.

Posyandu di Perbatasan Papua

Posyandu yang digelar oleh Satgas Yonif 310 Sukabumi bekerja sama dengan Puskesmas Towe. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan untuk memberikan layanan kesehatan bagi ibu dan anak di wilayah perbatasan. Layanan yang diberikan meliputi:

  • Penyuluhan kesehatan: Sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat.
  • Penimbangan balita: Memonitor pertumbuhan dan perkembangan anak balita untuk memastikan mereka tumbuh dengan sehat.
  • Pemeriksaan perkembangan anak: Memeriksa tumbuh kembang anak balita untuk mendeteksi dini adanya gangguan tumbuh kembang.
  • Imunisasi: Memberikan imunisasi dasar kepada anak balita untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.
  • Pembagian makanan tambahan dan vitamin: Memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada anak balita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.
Satgas Yonif 310
Para Anggota Satgas Yonif 310 Sukabumi Sedang Melaksanakan Tugas di Perbatasan Papua (Sumber Gambar)

Manfaat Posyandu

Posyandu yang digelar oleh Satgas Yonif 310 Sukabumi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di perbatasan Papua, di antaranya:

Manfaat Penjelasan
Meningkatkan akses layanan kesehatan Masyarakat di perbatasan Papua memiliki akses yang terbatas terhadap layanan kesehatan. Posyandu yang digelar oleh Satgas Yonif 310 Sukabumi membantu mengatasi masalah ini dengan menyediakan layanan kesehatan dasar secara rutin.
Menurunkan angka kematian bayi (AKB) Posyandu membantu menurunkan AKB dengan memberikan imunisasi, memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, serta memberikan edukasi kesehatan kepada ibu hamil dan menyusui.
Mencegah penyakit Posyandu membantu mencegah penyakit dengan memberikan imunisasi, memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, serta memberikan edukasi kesehatan tentang PHBS.
Meningkatkan kualitas hidup masyarakat Posyandu membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di perbatasan Papua dengan memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan.

 

Kesimpulan

Posyandu yang digelar oleh Satgas Yonif 310 Sukabumi merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat di perbatasan Papua. Posyandu ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, di antaranya meningkatkan akses layanan kesehatan, menurunkan AKB, mencegah penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Sumber : https://radarsukabumi.com/nasional/jamin-kesehatan-ibu-dan-anak-satgas-yonif-310-sukabumi-gelar-posyandu-di-perbatasan-papua/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here