Kegiatan Posyandu Lansia Untuk Masyarakat Desa Ketap

0
259
Lansia

Posyandu Lansia Setia Kawan di Desa Ketap, Kecamatan Jebus, rutin mengadakan pemeriksaan kesehatan lansia dua kali sebulan. Pemeriksaan ini menyasar dua dusun, yaitu Dusun Tayu dan Dusun Ketap.

Penjelasan Kader Posyandu

Menurut Kader Posyandu A.Roni, kegiatan ini bertujuan untuk skrining kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesadaran mereka akan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi penyakit tidak menular seperti kolesterol, asam urat, dan gula darah pada usia produktif hingga lansia. Selain itu, ada juga kunjungan rutin untuk memantau penderita hipertensi dan diabetes melitus, termasuk pemeriksaan tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan.

Berdasarkan data dari Puskesmas Jebus, saat ini terdapat sekitar 1.182 lansia dan 259 orang usia produktif di desa tersebut.

Upaya Meningkatkan Kesehatan

Kegiatan Posyandu Lansia Setia Kawan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan lansia di Desa Ketap. Dengan pemeriksaan kesehatan yang rutin, diharapkan dapat membantu mendeteksi dini penyakit dan meningkatkan kualitas hidup lansia.

Manfaat Lansia ke Posyandu

Aspek Manfaat Penjelasan
Kesehatan – Peningkatan deteksi dini penyakit Pemeriksaan kesehatan rutin di posyandu membantu mendeteksi penyakit pada lansia secara dini, sehingga dapat ditangani dengan lebih efektif.
– Peningkatan kualitas hidup Dengan mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat, lansia dapat hidup lebih sehat dan aktif.
– Pencegahan komplikasi Deteksi dini dan penanganan penyakit yang tepat dapat mencegah komplikasi yang lebih serius.
Sosial – Interaksi sosial Posyandu menjadi tempat bagi lansia untuk bertemu dengan teman sebaya dan bersosialisasi.
– Dukungan emosional Lansia dapat berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan emosional dari sesama lansia dan kader posyandu.
– Mengurangi rasa kesepian Posyandu dapat membantu mengurangi rasa kesepian yang sering dialami oleh lansia.
Pendidikan – Edukasi kesehatan Lansia dapat memperoleh edukasi tentang kesehatan, nutrisi, dan gaya hidup sehat di posyandu.
– Peningkatan pengetahuan tentang penyakit Lansia dapat memperoleh informasi tentang penyakit yang sering dialami oleh lansia dan cara pencegahannya.
– Peningkatan kesadaran tentang pentingnya kesehatan Posyandu dapat meningkatkan kesadaran lansia tentang pentingnya menjaga kesehatan.

[Sumber]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here