Perhatikan Tekstur MPASI Untuk Sikecil ya!

0
115
MPASI

Memperkenalkan makanan padat atau Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan momen penting dalam tumbuh kembang si kecil. Namun, selain memperhatikan kandungan nutrisi, tekstur MPASI juga perlu disesuaikan dengan usia dan kemampuan mengunyah bayi. Tekstur MPASI yang tidak sesuai dapat menyebabkan kesulitan makan, tersedak, dan bahkan gangguan pencernaan.

Tahapan Tekstur MPASI Sesuai Usia

  1. 6-8 Bulan,

    Pada usia ini, bayi baru mulai belajar mengunyah dan menelan makanan padat. Tekstur MPASI yang ideal adalah halus dan lembut, seperti bubur atau puree. Hindari memberikan makanan yang terlalu padat atau kasar, seperti nasi atau daging cincang.

  2. 9-11 Bulan,

    Bayi mulai mengembangkan kemampuan mengunyah dan menelan. Tekstur MPASI dapat ditingkatkan menjadi lebih kasar, seperti bubur dengan potongan kecil atau nasi tim yang dihaluskan. Anda juga dapat mulai memperkenalkan finger food, seperti potongan buah atau sayuran yang lunak.

  3. 12 Bulan ke Atas,

    Bayi sudah mampu mengunyah dan menelan makanan yang lebih padat. Tekstur MPASI dapat ditingkatkan menjadi lebih kasar, seperti nasi tim dengan potongan yang lebih besar atau potongan daging yang lembut. Anda juga dapat mulai memperkenalkan makanan keluarga yang dihaluskan atau dipotong kecil-kecil.

Manfaat Memperhatikan Tekstur MPASI

  • Mencegah tersedak: Tekstur MPASI yang terlalu padat dapat menyebabkan bayi tersedak.
  • Memperlancar pencernaan: Tekstur MPASI yang halus dan lembut lebih mudah dicerna oleh bayi.
  • Mendorong perkembangan kemampuan mengunyah: Tekstur MPASI yang semakin kasar mendorong bayi untuk mengembangkan kemampuan mengunyah.
  • Memperkenalkan berbagai rasa dan tekstur: Tekstur MPASI yang bervariasi membantu bayi mengenal berbagai rasa dan tekstur makanan.

Tips Memperhatikan Tekstur MPASI

  • Mulailah dengan tekstur yang halus dan lembut.
  • Tingkatkan tekstur secara bertahap sesuai dengan kemampuan bayi.
  • Perhatikan tanda-tanda bayi kesulitan mengunyah atau menelan.
  • Jangan memaksa bayi untuk makan makanan yang terlalu padat.
  • Konsultasikan dengan dokter anak jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran.

Memperhatikan tekstur MPASI sesuai dengan usia si kecil sangat penting untuk mencegah tersedak, memperlancar pencernaan, dan mendorong perkembangan kemampuan mengunyah. Dengan memperhatikan tekstur MPASI, Anda dapat membantu si kecil menikmati pengalaman makan yang menyenangkan dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here