Peringatan Pekan Imunisasi Dunia

0
53
pekan imunisasi dunia
Pekan Imunisasi Dunia Memperingati Betapa Pentingnya Menjaga Kesehatan Dengan Imunisasi (sumber gambar: pexels)

Pendahuluan

Halo! Pernah dengar tentang Pekan Imunisasi Dunia? Nggak usah bingung, mimin kasih tahu ya. Pekan Imunisasi Dunia (World Immunization Week) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 24-30 April. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi dan mengajak semua orang untuk mendapatkan imunisasi yang sesuai.

Imunisasi sendiri merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi diri dan orang-orang di sekitar kita dari berbagai penyakit berbahaya. Vaksin yang diberikan saat imunisasi mengandung virus atau bakteri yang dilemahkan atau dimatikan, sehingga tubuh kita dapat belajar untuk melawan penyakit tersebut.

Nah, di Pekan Imunisasi Dunia tahun ini, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui:

  • Tema Pekan Imunisasi Dunia 2024:

    “Protected Together: Vaccines Work!” (Terlindungi Bersama: Vaksin Berhasil!)

  • Tujuan:

    Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat imunisasi dan mendorong akses yang adil terhadap imunisasi untuk semua orang.

  • Kegiatan:

    Berbagai kegiatan akan diadakan di seluruh dunia untuk mempromosikan imunisasi, seperti seminar, kampanye media sosial, dan kegiatan vaksinasi massal.

Sebagai warga negara yang peduli, kita bisa ikut berpartisipasi dalam Pekan Imunisasi Dunia dengan cara:

  • Mendapatkan imunisasi yang sesuai:

    Pastikan kamu dan keluarga sudah mendapatkan imunisasi yang sesuai dengan usia dan kebutuhan.

  • Mempromosikan imunisasi:

    Beri tahu teman dan keluarga tentang pentingnya imunisasi dan dorong mereka untuk mendapatkan imunisasi.

  • Berdonasi:

    Donasikan uang atau waktu kamu untuk mendukung program imunisasi di daerah yang membutuhkan.

Ingat, imunisasi bukan hanya untuk anak-anak. Orang dewasa juga membutuhkan imunisasi untuk melindungi diri dari penyakit seperti tetanus, difteri, dan influenza.

Pentingnya Imunisasi 

Kelompok Usia Pentingnya Imunisasi Penyakit yang Dapat Dicegah
Anak-Anak (0-18 tahun) – Melindungi dari penyakit yang berpotensi fatal atau menyebabkan kecacatan. – Campak, Polio, Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B, Hib, Rotavirus, Pneumonia, Meningitis, HPV, Varicella.
Remaja (19-24 tahun) – Melindungi dari penyakit yang dapat mengganggu aktivitas dan perkembangan. – Meningitis, HPV, Tetanus, Difteri, Pertusis, Influenza, Hepatitis B.
Dewasa (25 tahun ke atas) – Melindungi dari penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi serius. – Influenza, Tetanus, Difteri, Pertusis, Pneumonia, Hepatitis B, Herpes Zoster, Cacar Air, Shingles.

 

Kesimpulan

Imunisasi sangat penting untuk semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Imunisasi membantu melindungi individu dari penyakit, mencegah wabah penyakit, dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Dengan mendapatkan imunisasi yang sesuai, kita dapat menciptakan dunia yang lebih sehat dan aman untuk semua.

 

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here