Puskesmas Banyumas Bersiap di Lokasi Jalur Mudik Lebaran 2024

0
167
Mudik
Dinas Kesehatan Banyumas Menyiapkan 12 Puskesmas 24 Jam (Sumber gambar: Youtube)

Pendahuluan

Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal selama arus mudik Lebaran 2024, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah menyiagakan seluruh puskesmas yang berada di jalur mudik. Puskesmas-puskesmas tersebut akan beroperasi 24 jam untuk melayani kebutuhan kesehatan para pemudik.

Puskesmas Banyumas yang Berada di Jalur Mudik Lebaran 2024 dan Akan Disiagakan 24 Jam

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr. Widji Asih mengatakan, terdapat 12 puskesmas yang berada di jalur mudik dan akan disiagakan 24 jam. Puskesmas-puskesmas tersebut antara lain:

No. Nama Puskesmas Lokasi
1 Puskesmas Sumpiuh jl raya barat, Pesantren, Kebokura, Sumpiuh, Banyumas Regency, Central Java 53195
2 Puskesmas Ajibarang Tengah, Ajibarang Wetan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53163
3 Puskesmas Wangon Jalan Raya Barat No.059, Pecikalan Dua, Wangon, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53176
4 Puskesmas Purwokerto Selatan Jl. Prof. Mr. Much. Yamin XII, Karangklesem, Kec. Purwokerto Sel., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53142
5 Puskesmas Purwokerto Utara Jl. Beringin No.1, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53121
6 Puskesmas Purwokerto Barat Jl. Mashuri No.37B, Kalibogor, Rejasari, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53134
7 Puskesmas Baturraden Jl. Raya Kebumen No.1, Dusun II, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
8 Puskesmas Kembaran Jalan Raya, Larangan, Kembaran, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182
9 Puskesmas Sokaraja Jl. Letjend Suprapto No.05, Dusun I, Sokaraja Wetan, Kec. Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53181
10 Puskesmas Patikraja G667+JP3, Jalan Raya, Notog Kidul, Notog, Patikraja, Banyumas Regency, Central Java 53171
11 Puskesmas Cilongok
Jl. Raya Cilongok – Ajibarang, Dusun I, Cikidang, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53162
12 Puskesmas Karanglewas H5MM+6HC, Jl. Ajibarang Secang, Karang Jengkol, Karangkemiri, Kec. Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53161

 

Selain puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas juga akan mendirikan posko-posko kesehatan di titik-titik keramaian, seperti terminal, stasiun, dan rest area. Posko-posko kesehatan ini akan memberikan layanan kesehatan ringan, seperti pemeriksaan tekanan darah, pemberian obat-obatan, dan pertolongan pertama.

Himbauan Kepala Dinas Kesehatan Banyumas

Widji mengimbau kepada para pemudik untuk selalu menjaga kesehatan selama perjalanan. Pemudik disarankan untuk beristirahat cukup, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta menghindari aktivitas yang terlalu berat.

Dengan persiapan yang matang ini, Pemerintah Kabupaten Banyumas berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi para pemudik dan memastikan arus mudik Lebaran 2024 berjalan lancar dan aman.

Kesimpulan

Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal selama arus mudik Lebaran 2024, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas telah menyiagakan 12 puskesmas yang berada di jalur mudik untuk beroperasi 24 jam. Puskesmas-puskesmas tersebut akan memberikan pelayanan kesehatan dasar, seperti pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan rujukan ke rumah sakit jika diperlukan.

Selain puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas juga akan mendirikan posko-posko kesehatan di titik-titik keramaian untuk memberikan layanan kesehatan ringan. Pemerintah Kabupaten Banyumas juga berkoordinasi dengan rumah sakit-rumah sakit di Banyumas untuk memastikan kesiapan dalam menerima pasien rujukan.

Dengan persiapan yang matang ini, Pemerintah Kabupaten Banyumas berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi para pemudik dan memastikan arus mudik Lebaran 2024 berjalan lancar dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here