Stunting Masih Menjadi Permasalahan

0
158
Protein Hewani

Di Indonesia kasus Stunting masih ditemukan dan disebabkan oleh beberapa hal, Maka dari itu para orang tua di Indonesia harus sadar dan siap memenuhi apa yang dibutuhkan ketika sedang proses kehamilan sampai proses persalinan. Apa saja yang harus diperhatikan supaya mencegah stunting ?

Beberapa yang Harus Diperhatikan oleh Orang Tua pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)

  1. Pemeriksaan Kehamilan, Seorang ibu harus rutin memeriksakan kehamilannya dan bertahap dengan minimal 6 kali pemeriksaan yaitu pada trimester pertama dilakukan 1 kali pemeriksaan kehamilan, pada trimester kedua dilakukan 2 kali pemeriksaan kehamilan dan yang terakhir 3 kali pemeriksaan kehamilan pada trimester ketiga.
  2. Pemberian ASI Eksklusif pada bayi, Untuk bayi yang baru dilahirkan sekitar 0-6 bulan disarankan untuk diberi ASI oleh ibu, selain untuk menambah kedekatan batin pada ibu dan anak, pemberian ASI juga diperlukan supaya anak dapat tumbuh kembang secara sehat. Jangan lupa sang ibu juga memeriksa kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat dengan rumah yaitu posyandu atau puskesmas.
  3. Gizi tambahan pada anak, Setelah diberikan ASI maka anak dapat diberikan Makanan Pendamping-ASI (MPASI) ketika anak sudah berusia lebih dari 6 bulan, Lalu anak juga dapat diberikan berbagai suplemen dan imunisasi supaya dapat membentuk sistem kekebalan tubuh sang anak supaya tidak mudah terserang penyakit dan sehat hingga menjelang dewasa nanti.

 

Meskipun stunting masih memiliki kasus yang banyak di Indonesia, Dengan memperhatikan beberapa hal tentang 1.000 HPK diatas oleh para ibu diharapkan dapat membuka wawasan dan edukasi tentang cara mencegah stunting agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal dan sesuai dengan yang diharapkan orang tua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here